Blog

Manfaat Ekolabel dalam Industri ‘Hijau’

Seiring makin gencarnya ajakan untuk memperhatikan lingkungan, masyarakat pun mulai tergerak menggunakan berbagai produk ‘hijau’. Dalam praktiknya, terdapat beberapa cara untuk memastikan apakah produk yang dipilih masuk ke dalam kategori ramah lingkungan, salah satunya dengan mengecek ada atau tidaknya cantuman Ekolabel. Namun, seperti apa pengertian serta manfaat Ekolabel?

Ekolabel adalah sertifikasi keluaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menandakan bahwa daur hidup produk tersebut menimbulkan dampak negatif yang lebih kecil terhadap lingkungan, dibanding produk sejenis tanpa Ekolabel. Ekolabel dapat berupa simbol, label, atau pernyataan tercantum lain yang berkaitan dengan produk itu.

Sebagai kegunaan Ekolabel, konsumen dapat secara jelas mengetahui ramah lingkungan atau tidaknya produk yang ingin mereka beli. Harapannya, konsumen bisa lebih selektif dalam memilih produk sebelum memasukkannya ke kantung belanja.

Selain itu, sertifikasi ini juga menjadi apresiasi dan dorongan bagi para pelaku industri untuk lebih memperhatikan aspek lingkungan dalam proses pembuatan produknya. Apalagi, dengan makin meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan, konsumen pasti akan lebih tertarik untuk membeli produk dengan cantuman Ekolabel.

Untuk saat ini, produk plastik juga sudah memiliki Ekolabel yang terbagi menjadi dua, yaitu:

  • SNI Ekolabel Tipe 1: SNI 7188.7:2016

Kriteria Ekolabel – Bagian 7: Kategori produk tas belanja plastik dan bioplastik mudah terurai.

  • Ekolabel Tipe 2: Swadeklarasi

Klaim perusahaan atas produk yang memenuhi aspek lingkungan, yang diverifikasi oleh Lembaga Verifikasi Ekolabel di Indonesia.

Ecorasa sendiri telah mengantungi sertifikasi kedua tipe Ekolabel di Indonesia tersebut, sehingga seluruh lini produk Ecorasa tidak perlu diragukan lagi tingkat ‘kehijauannya’. Sekarang, semua kembali lagi ke diri masing-masing. Apakah kalian tertarik untuk berkontribusi terhadap terjaganya kelestarian lingkungan?

Share this: