Blog

Apresiasi PASTI kepada Pelaku Industri Hijau di Green Initiative Award 2020

Sebagai apresiasi kepada pelaku ‘inisiasi hijau’ yang menyadari dampak serta menerapkan langkah kongkrit terhadap masalah sampah, pada Rabu (19/02/2020) lalu Gerakan Plastik Akal Sehat untuk Indonesia (PASTI) pun menggelar Green Initiative Award 2020. Dari beberapa kategori yang tersedia, PT Harapan Infiniti Mulia (Ecorasa) sendiri sukses meraih juara pertama di kategori ‘Industri Kecil’.

Selain bentuk apresiasi, acara ini juga bertujuan untuk menunjukkan adanya industri atau perusahaan yang melakukan reformasi sistem usaha demi kelestarian lingkungan. Tidak banyak diketahui, perubahan itu sendiri juga memang benar-benar ada dan dijalankan oleh beberapa perusahaan di masa kini. Namun, tidak banyak perusahaan yang menunjukkan hal tersebut, sehingga jarang untuk dirasakan, dan bahkan dilihat oleh orang banyak.

“Kita ingin tahu dan mencatat berapa banyak perusahaan yang sudah merespon, dan seberapa banyak yang menghasilkan plastik ramah lingkungan. Semoga ini juga diikuti oleh industri atau perusahaan lain,” kata Naning S. Adiwoso di Jakarta Design Center Jalan Gatot Subroto Kov. 53 Slipi, Jakarta, Rabu (19/2/2020), dikutip dari Antaranews.com (Simak selengkapnya di: Gerakan Pasti Persembahkan Green Initiative Award)

Di luar menjadi sarana untuk memunculkan model-model perusahaan yang telah mampu dan mau berubah, serta menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, penghargaan ini juga diharapkan dapat membawa dampak lain. Beberapa di antaranya, dengan mengajak masyarakat serta pemerintah untuk lebih perhatian terhadap isu ini.

 

Penilaian dalam acara ini sendiri dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari Kepala Standarisasi dan Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Noer Adi Wardojo, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi Tulus Abdi, dan Ketua Umum Koalisi Pemantau Plastik Ramah Lingkungan Indonesia (KPPL-I) Nasional Puput TD Putra.

Berikut Ecorasa, pemenang Green Initiative Award 2020 yang muncul berdasarkan hasil penilaian juri adalah sebagai berikut:

  •       Juara 1 kategori Retail: PT Rejeki Kenceng Timur (Kopi Kenceng)
  •       Juara 1 kategori Klinik/Rumah Sakit: RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita
  •       Juara 1 kategori Kantor: M Bloc Space
  •       Juara 1 kategori Industri Kecil: PT Harapan Infiniti Mulia (Ecorasa)
  •       Juara 1 kategori Industri Besar: PT Suparma Tbk
Share this: