Blog

Plastik Oxo-Biodegradable: Win-win Solution di Tengah Krisis Corona

Wabah virus corona (Covid-19) membuat masyarakat harus sedikit banyak mengubah gaya hidup demi menekan dan menghindari persebarannya. Selain mengurangi interaksi fisik, orang-orang pun juga dituntut untuk lebih was-was ketika harus menyentuh atau memakai objek tertentu; salah satunya kala menggunakan tas belanja reusable. Apa pengaruhnya?

Mengutip pemberitaan New York Times, untuk menangani pandemi yang tengah mewabah di negara tersebut, gubernur serta pembuat peraturan dari beberapa negara bagian di Amerika Serikat pun menerapkan aturan-aturan yang membatasi penggunaan tas belanja reusable. Beberapa negara bagian yang melakukan penerapan tersebut di antaranya adalah Maine yang memutuskan pengangkatan larangan plastik belanja hingga tahun depan, New Hampshire yang mengharuskan pusat perbelanjaan menggunakan kantung belanja berbahan plastik maupun kertas sekali pakai, hingga Massachusetts dengan larangannya pengunaan tas belanja reusable dan pelepasan biaya tambahan untuk kantung plastik maupun kertas.

Namun, tanpa lupa memerhatikan aspek-aspek lainnya secara holistik, plastik berbahan oxo-biodegradable bisa dibilang merupakan solusi yang paling ‘imbang’ pada masa-masa seperti ini. Berbagai kelebihan yang menjadikan plastik oxo-biodegradable win-win solution di tengah wabah Covid-19 ini adalah:

1. Lebih Mudah Terurai

 Seperti yang sudah masyarakat umum ketahui, di luar berbagai manfaatnya, penggunaan kantung plastik konvensional juga berpotensi memicu berbagai dampak negatif terhadap lingkungan. Karena itu, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui tas belanja reusable, sekaligus menghindari dampak dari plastik konvensional tersebut, plastik berbahan oxo-biodegradable pun dapat menjadi pilihan terbaik.

Baca juga: Yakin Plastik Oxo-biodegradable Timbulkan Mikroplastik?

Dengan penggunaan materi oxo-biodegradable, plastik pun dapat terurai secara sempurna dalam waktu kurang lebih lima tahun. Namun, jangan sampai menjadikannya pembenaran untuk tidak membuang plastik sisa pada tempat yang seharusnya.

2. Lebih Higienis

Berbeda dari tas belanja reusable yang besar kemungkinan membawa bakteri maupun virus karena digunakan berulang-ulang, kantung belanja berbahan plastik umumnya lebih higienis karena biasanya baru akan digunakan pasca transaksi. Sebagai bonus, kembali lagi ke poin pertama, plastik berbahan oxo-biodegradable jauh lebih cepat terurai sepenuhnya dibandingkan plastik konvensional, sehingga tidak akan ‘sedestruktif’ plastik biasa saat memang tak lagi dapat digunakan dan ‘terpaksa’ harus dibuang.

3. Jaga Keselamatan Bersama

Masih berkaitan dengan poin kedua, menggunakan kantung belanja yang sudah pasti higienitasnya tentu akan menjamin keselamatan satu sama lain di tengah mewabahnya Covid-19. Kita bisa sedikit mengurangi rasa was-was mengingat kantung belanja berbahan plastik umumnya baru dan pertama kali digunakan setelah transaksi, dan para pedagang maupun pegawai pusat perbelanjaan juga dapat lebih tenang karena tidak perlu berkontak ataupun berdekat-dekatan dengan kantung berlanja reusable yang tingkat higienitasnya berbeda-beda.

Share this: